Jumat, 18 November 2011

SMK Negeri 6 Bandung siap berwawasan lingkungan






Pendidikan menengah diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar (SD dan SMP), menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan dan keterampilan untuk mengadakan hubungan-timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, dan alam sekitar, serta dapat mengembangkan kemampuan lebih-lanjut dalam dunia kerja atau pendidikan tinggi.


 SMK Negeri 6 Bandung siap Berwawasan Lingkungan

Pendidikan Menengah Kejuruan mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan pada bidang tertentu dan mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja serta mengembangkan kemapuan profesional siswa. 
Pada saat kegiatan belajar-mengajar (KBM) berlangsung dan setelah siswa terjun ke dunia kerja SMK telah memanfaatkan sumber daya alam dan potensial mencemari lingkungan.. Untuk memenuhi tuntutan global akan tenaga kerja yang kompeten dan berwawasan lingkungan maka Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan bekerja sama dengan Swisscontact membuat Konsep Pendidikan Lingkungan hidup pada SMK. 


 Penerapan Konsep Lingkungan Hidup di SMK Negeri 6 Bandung



Berdasarkan Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) pada Sekolah Menengah Kejuruan (1996) organisasi pelaksanan pengelola PLH pada Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) adalah Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Pusat Pengembangan PLH untuk SMK, Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) lingkup kejuruan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi, dan SMK. Konsep ini dibuat agar pengelola PMK dapat melaksanakan perannya untuk mendukung pelaksanaan PLH di SMK. Sedangkan SMK diharapkan menyusun dan melaksanakan program PLH yang terintegrasi pada kegiatan kurikulum dan ekstrakurikuler, melaksanakan dan mengembangkan sekolah berbudaya lingkungan, serta menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan PLH di sekolahnya. 


 Pelaksanaan dan pengembangan siswa SMK Negeri 6 Bandung yang berbudaya lingkungan

  
Hasil monitoring dan evaluasi oleh Dikmenjur tahun 1997-2001 menunjukkan: (a) kurang kesadaran, pengetahuan dan keterampilan siswa sebagai cerminan perilaku siswa yang rasional dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup; (b) tamatan SMK belum mempunyai sikap profesional sesuai tuntutan pembangunan berwawasan lingkungan. Kedua hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PLH di SMK tidak optimal sehingga tujuan PLH pada SMK tidak tercapai. 


 Upaya mengoptimalkan tujuan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMK Negeri 6 Bandung


Berdasarkan hal tersebut di atas,maka kami para pelaku pendidikan di lingkungan SMK Negeri 6 Bandung sudah selayaknya turut berkiprah dalam melaksanakan program pemerintah dalam menyusun dan melaksanakan program PLH yang terintegrasi pada kegiatan kurikulum dan ekstrakurikuler, melaksanakan dan mengembangkan sekolah berbudaya lingkungan, serta menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan PLH di sekolahnya.

Berikut ini, dokumentasi tentang upaya-upaya Kami ( SMK Negeri 6 Bandung ) dalam menciptakan sekolah yang berwawasan Lingkungan Hidup sesuai apa yang diharapkan dalam program pemerintah dalam memenuhi tuntutan global akan tenaga kerja yang kompeten dan berwawasan lingkungan.


Dra. Atiek adalah salah seorang guru PLH yang banyak berkiprah menjalankan program sekolah berwawasan Lingkungan.


Siswa SMK Negeri 6 Bandung sedang membuat salah satu media untuk penanaman Sosin


Lahan SMK Negeri 6 Bandung yang sangat memadai untuk menjalan kan program sekolah yang berwawasan lingkungan


Dra. Atiek (guru PLH) SMK Negeri 6 Bandung menunjukkan benih sayur Sosin yang akan  dicoba untuk dibenihkan dengan siswanya, sekaligus dijadikan sebagai bahan penelitian dalam mencari media yang tepat untuk penanaman sayur Sosin tersebut. ( Semoga berhasil ya....? )


Akhirnya......Kami segenap pengelola pendidikan di SMK Negeri 6, memohon do'a restu dan dukungannya  kepada seluruh siswa, para orang tua, masyarakat sekitar dan seluruh warga Indonesia yang mencintai Lingkungan Hidup ini, agar Kami dalam menjalankan amanah umat dan pemerintah ini dapat berjalan lancar. Amin.........


SMK Negeri 6 Bandung......Bisa..!!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar