Jumat, 07 Januari 2011

Membuat objek 3D dasar pada program AutoCAD

Buat yang ingin belajar AutoCAD, nah.....nampaknya  artikel kali ini lah yang anda cari, langsung saja di baca. oke.....?!



AutoCAD telah menyediakan bentuk-bentuk objek seperti lingkaran, persegi panjang, dan segi banyak. Bentuk tersebut dapat dengan mudah menjadi objek 3D, selain dari objek-objek 3D yang juga disediakan AutoCAD. Silakan ikuti langkah berikut ini:

1. Buatlah tiga buah rectangle dengan ukuran 4×6 cm.




2. Aktifkan 2 buah toolbar, yaitu View dan Shade. Dengan cara pilih menu View ==> Toolbars… ==> aktifkan Toolbars Shade dan View ==> Close.


Photobucket


3. Klik tombol SW Isometrik

Photobucket


4. Ketik kata: EXTRUDE ==> ENTER ==> klik rectangle pertama ==> ENTER ==> 5 (tinggi=5) ==> ENTER 2x
EXTRUDE dapat disingkat menjadi EXT
5. Silakan anda ulangi langkah-4 tadi dengan tinggi 7 dan 10


Photobucket


6. Beri warna pada ketiga balok tadi (gunakan ESC untuk setiap warna), lalu latih semua tombol pada toolbar SHADE.


Photobucket


7. buat juga objek-objek lain, seperti lingkaran, ellips, segitiga, dan segi banyak, kemudian tinggikan sesuai selera dan beri warna

Photobucket


Demikian langkah-langkah pembuatan objek 3D dasar pada program AutoCAD, Program ini biasanya digunakan dalam membuat perencanaan Bangunan Gedung, Mesin, Otomotif, dll.
Akhirnya saya harapkan semoga setelah membaca artikel ini dapat membuka wawasan pengunjung dalam hal program AutoCAD. dan semoga bermanfaat dan berguna bagi anda, jangan lupa mampir lagi kesini dalam artikel berikutnya tentang AutoCAD ini yang lebih mendetail. 
Wassalam.......




2 komentar:

  1. Elite thinking...mungkin seperti itulah namanya...
    dan saya sangat bersyukur bisa tembus lingkungan ini....
    pak Popoh Hopadoh,dan rekan rekan, orang orang seperti anda lah yang sangat di butuh kan pada zaman kiwari untuk melanjut kan perjuangan ini...

    BalasHapus
  2. Terima kasih Yan Algar atas komentarnya, saya merasa belum menjadi orang yg seperti Yan katakan..masih perlu waktu tukmenjadikannya seperti itu, masih belajar..masih banyak kekurangan, tapi dalam kekurangan ini, saya ingin mencoba melakukan sesuatu yg dpt berguna tuk sesama. Karena sebaik-baiknya manusia ciptaan Allah, adalah yg dapat bermanfaat utk sesama.
    Saya sebetulnya ingin menyampaikan pesan ini ke dalam Blog Yan Algar, tapi sayang..kok tdk bisa masuk ya...?
    Salam Ukhuwah.

    BalasHapus